Copywriting adalah konten yang disampaikan melalui media online dan materi yang dicetak dengan tujuan beriklan/ berpromosi, yang sering digunakan untuk menarik perhatian target market usaha Anda.
Tujuan utama copywriting adalah untuk menjual atau mempromosikan merek usaha Anda. Tidak seperti content marketing yang dimana tidak bertujuan untuk menjual tetapi untuk membantu audiens memahami merek Anda dan membangkitkan minat.
Berikut adalah kelebihan dari Copywriting :
- Menarik audiens untuk membaca atau mengklik iklan Anda.
- Menonjolkan produk atau jasa yang Anda promosikan dibandingkan dengan kompetitor
- Membantu Anda memberikan hasil transaksi penjualan dengan cara yang lebih cepat dan waktu yang lebih singkat
Kemudian ada Elemen-elemen penting pada Copywritting berikut diantaranya :
- Headline
Bagian terpenting dari copywriting Anda. 3 detik pertama dari Headline Harus menyentuh emosional pembaca
- Nota Bene
Nota Bene merupakan element terpenting ke 2 setelah Heeadlin, karena keberadaannya memaksa orang membaca iklan Anda untuk segera Action sekarang juga atau untuk menguatkan CTA Anda. Dalam N.B sebaiknya Anda cantumkan kenapa pembaca harus mengambil keputusan sekarang juga, tidak menunda besok atau kapan-kapan.
- Alasan
Alasan yang paling sering membuat orang sering membuat iklan gagal adalah lupa menjelaskan mengapa harus membeli produk atau jasa Anda.
- Bonus
Salah satu strategi para affiliate tersebut adalah dengan memberikan Bonus yang kadang nggak wajar.T
- Testimoni
Testimoni sangat efisien untuk meyakinkan pembaca agar membeli produk Anda
- Garansi
Bertujuan untuk menguatkan produk Anda juga untuk menghancurkan keraguan orang untuk membeli produk Anda
- Call to Action
mendesak pembaca agar segera melakukan tindakan membeli atau memesan produk atau jasa Anda saat itu juga
- Penawaran
Membuat Penawaran semenarik mungkin sehingga apabila orang menolak penawaran Anda kesannya menyesal
Copywriting adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik bisnis atau pemasar. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar copywriting, Anda dapat membuat konten yang lebih efektif untuk menarik perhatian dan membujuk audiens Anda.
Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menulis copywriting yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang copywriting, ada banyak sumber daya yang tersedia di internet. Anda juga dapat mengikuti kursus online atau membaca buku tentang copywriting.
Demikianlah artikel tentang memahami apa itu copywriting dan rules of copywriting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.